TUGAS APSI 1_Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap

Nama : Sekar Ambar Arum
NRP : 5025211041
Kelas : APSI E

  • Deskripsikan sistem informasi
Sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari user, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. Sistem informasi berfungsi untuk meningkatkan aksesibilitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna.

Sebagai contoh: Agensi Idol penyanyi mempunyai sistem informasi yang menyediakan informasi penjualan album setiap harinya, stock album yang masih tersedia mau pun yang sudah terjual habis. Dari informasi tersebut, manajer dapat membuat keputusan, stock album apa yang harus di-refill. Manajer juga bisa tahu, album apa yang paling laris agar dapat menambahkan stocknya lebih banyak dari yang lain. 

Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan sistem yang dirancang untuk mengumpulkan dan menampilkan informasi akuntansi sehingga akuntan dan eksekutif perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat.
  • Digunakan untuk apa

Sistem informasi digunakan untuk meningkatkan aksesibilitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna. Selain itu, sistem informasi juga digunakan untuk 

  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi 
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif  
Sistem informasi akuntansi (SIA) digunakan untuk memproses data keuangan dan akuntansi serta menghasilkan laporan keuangan yang dapat digunakan oleh manajer atau pihak lain yang berkepentingan untuk membuat keputusan bisnis.
  • Definisikan stakeholder
Dikutip dari Corporate Finance Institute pemangku kepentingan atau stakeholder adalah setiap individu, kelompok, atau pihak yang memiliki kepentingan dalam suatu organisasi (perusahaan) dan hasil dari tindakannya dapat mempengaruhi atau dipengaruhi jalanya bisnis. Contoh umum dari stakeholder adalah karyawan, pelanggan, pemegang saham, masyarakat umum, dan pemerintah.

Dikutip dari Investopedia, secara umum stakeholder dibagi menjadi dua bagian yaitu internal dan eksternal.

  • Stakeholder internal adalah orang-orang yang kepentingannya dalam suatu perusahaan bersifat langsung, seperti pekerjaan, kepemilikan, atau investasi. Contohnya: owner, pemegang saham, dan karyawan.
  • Stakeholder eksternal adalah mereka yang tidak secara langsung bekerja dengan perusahaan tetapi dipengaruhi oleh tindakan dan hasil bisnis. Contohnya: pelanggan, suppliers, pemerintah, masyarakat umum.
  • Siapa saja usernya

User dari sistem informasi adalah fungsi pemakai, fungsi penelitian dan pengembanagan, direktur terkait, direktur utama, fungsi pembelian, fungsi penerimaan, fungsi aset tetap, fungsi akuntansi, dan fungsi lain yang terkait.

  • Tampilkan inputannya
Input dari sistem informasi berupa threats and control dalam beberapa bidang. Contohnya: maintenance, acquisition, general issues, accounting, dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini